5 Manfaat Jalan Kaki

5 Manfaat Jalan Kaki

Jalan kaki di pagi hari, merupakan kegiatan yang kerap kali dilakukan oleh tiap orang yang berjiwa sehat. Bagaimana tidak, manfaat jalan kaki pagi hari membuat orang yang melakukannya merasa segar sebab udara yang diberikan masih bersih dan bebas dari polusi. Sayangnya, masih banyak dari kita yang merasa enggan untuk melakukannya dengan berbagai alasan seperti masih mengantuk ataupun merasa dingin.
Padahal banyak manfaat yang diberikan oleh olahraga ringan seperti berjalan kaki ini. Bahkan, penelitian menyatakan bahwa orang yang berjalan kira-kira 20-25 mil per minggu, lebih berpotensi untuk memiliki umur yang panjang dibandingkan dengan mereka yang tidak.  Adapun manfaat jalan kaki pagi hari diantaranya:



1. Mencegah osteoporosis 

Kesehatan tulang tidak hanya membutuhkan kalsium dan manfaat vitamin D, melainkan juga membutuhkan gerakan badan dengan berjalan kaki kurang lebih 1000 langkah setiap hari dan sinar matahari pagi setidaknya 15 menit sehari. Apabila jalan pagi ini dilakukan secara rutin, maka tulang kita akan bertahan lebih lama dari ancaman osteoporosis.

2. Menguatkan otot 

 Manfaat jalan kaki pagi, mampu membuat otot kaki, paha termasuk bokong menjadi kuat bahkan mampu meningkatkan daya tahan otot karena badan yang bergerak, sehingga stamina tubuh akan terjaga.
3. Menurunkan Berat badan
 Berat badan yang berlebihan adalah hal yang sangat tidak diinginkan oleh sebagian besar orang. Selain bisa membuat penampilan menjadi tidak menarik, namun juga memiliki potensi tubuh terjangkiti dengan penyakit-penyakit kronis. Jika memiliki masalah obesitas, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berjalan kaki di pagi hari. Karena berjalan kaki di pagi hari dapat membakar kalori jika dikerjakan secara rutin.

4. Menyehatkan paru-paru 

Berjalan kaki dengan tempo yang cepat, akan baik untuk kesehatan paru-paru. Sebab, udara yang dihirup di pagi hari adalah bersih dan belum terkontaminasi oleh polusi asap

5. Mencegah Diabetes 

Jalan kaki setiap pagi secara rutin, mampu membuat kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil terjaga sehingga mampu mencegah datangnya penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian dari National Institute of Diabetes and Gigesive and Kidney Diseases, dengan kecepatan 6 km/ jam dan dilakukan selama 50 menit saja, mampu mencegah diabetes dengan berjalan kaki secara berkelanjutan.


5 Manfaat Jalan Kaki 5 Manfaat Jalan Kaki Reviewed by Unknown on 20.24 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.